Rabu, 21 November 2007

Pakaian Adat

Pakai Adat Pengantin Suku Lembak Bengkulu

Image hosted by Photobucket.com
photo by usman yasin

Suku Lembak adalah salah satu suku asli yang ada di Kota Bengkulu. Dalam kehidupan sehari-hari Suku Lembak mempunyai tradisi dan budaya yang mencermin nilai-nilai Islami. Hal ini dapat dilihat dari kebiasan dan cara berpakaian yang biasa digunakan baik dalam keseharian maupun dalam acara-acara khusus. Gambar di atas adalah Pakaian adat yang biasa digunakan pada saat menikah, atau dipakai oleh anak-anak sebagai pendamping pengantin pada saat acara pernikahan.



Image hosted by Photobucket.com
Kesenian Sarapal Anam

Msyarakat Lembak juga mempunyai tradisi dan kesenian yang biasanya sering dipentaskan pada setiap acara yang mengiringi kegitan budaya-nya. Kesenian yang biasa ditampilkan pada moment acara adata ini dikenal dengan nama Bedikir atau Kesenian Sarapal Anam

7 komentar:

  1. Artikel di blog Anda sangat menarik dan berguna sekali. Anda bisa lebih mempopulerkannya lagi di infoGue.com dan promosikan Artikel Anda menjadi topik yang terbaik bagi semua pembaca di seluruh Indonesia. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
    http://www.infogue.com
    http://www.infogue.com/seni_budaya/pakai_adat_pengantin_suku_lembak_bengkulu/

    BalasHapus
  2. Anonim6:13 PM

    saya sangat tertarik dengan website inikarena saya putra asli suku lembak

    BalasHapus
  3. Anonim11:23 PM

    Adat budaya suku lembak seperti Bedikir, sambutan maulid Nabi masih diamalkan oleh masyarakat Bengkulu yg telah berhijrah ke Malaysia sejak dulu. Namun begitu pakaian adat Bengkulu udah lama tidak dipakai.

    BalasHapus
  4. Anonim2:06 PM

    saya sangat bangga ada blog yang membahas suku lembak...ini sangat berguna bagi generasi muda
    mela same-same kite jage adat kite

    BalasHapus
  5. Salam kenal, salam cinta Indonesia.
    Beberapa bulan yg lalu, saya mulai menulis STATUS di Facebook untuk mengucapkan selamat pagi dan mendoakan bagi kesejahteraan 'saudara-saudara' kita, suku demi suku di Indonesia, negara tercinta kita.
    Pagi ini, giliran suku LEMBAK, dan waktu saya browsing cari gambar pakaian adat LEMBAK, menemukan situs / blog ini. Terima kasih atas semua usaha dan jerih payah pengurus untuk melestarikan budaya Indonesia.
    Saya tulis semua kecintaan kepada negara di GRUP FACEBOOK : PECINTA INDONESIA ... https://www.facebook.com/groups/pecintanegaraindonesia/
    Semoga kita selalu diberi ketabahan dan kekuatan untuk mensejahterakan saudara2 kita semua, sebangsa dan setanah air...
    MERDEKA !

    BalasHapus
  6. Mari kita pertahankan kebudayan suku-suku bangsa indonesia, warisan lelluhur, daya tarik pariwisata daerah.

    salam

    BalasHapus
  7. Anonim7:51 AM

    bengkulu kota tuo banyak peninggalan kebudayaan dan sejarah yang patut di lestarikan
    sarapal anam hendak ny kita lestarikan agar generasi kita selanjut nya bisa menyaksikan salah satu kebudayaan asli bengkulu

    http://wancik.com/barong-landong-kesenian-bengkulu-kesenian-rakyat-bengkulu/

    BalasHapus

Yayasan Lembak

Yayasan Lembak adalah sebuah lembaga swadaya masyarakat yang dibangun atas dasar keinginan memperjuangkan Hak-hak adat masyarakat Lembak, karena ranah perjuangan yang bersentuhan dengan kasus-kasus lingkungan hidup dan sumberdaya alam yang pada akhirnya persoalan kebijakan maka akhirnya Yayasan Lembak juga konsen pada persoalan semua nasib kaum tertindas dan dimarginalkan. Persoalan yang muncul yang dialami masyarakat ini juga disebabkan kasus-kasus Korupsi anggaran APBD dan APBN, akhirnya Yayasan Lembak juga berada pada garda depan melakukan perlawan terhadap kasus-kasus Korupsi, sebuah Gerakan yang pernah digagas oleh pendiri sekalgus ketua Yayasan Lembak, yaitu dengan Gagasan Gerakan 1.000.000 Facebookers dukung Bitchan, yang menjadi trent topik dimedia massa dan dunia maya. Ayo dukung terus berlanjut aktivitas perjalanan Yayasan Lembak Bengkulu. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua, Terimakasih.

Saran - Pendapat - Pesan

Nama

Email *

Pesan *