Senin, 27 Agustus 2012

Bendungan Danau Dendam dikhawatirkan terancam jebol

Bengkulu (ANTARA News) - Warga Kelurahan Dusun Besar, Kota Bengkulu, mengkhawatirkan tanggul bendungan "Danau Dendam Tak Sudah" terancam jebol, akibat dilalui truk angkutan batu bara.

"Setiap kali truk berkapasitas besar itu lewat terasa sekali getarannya bahkan beberapa bagian badan jalan sudah retak-retak," kata seorang warga, Baharudin, di Bengkulu, Senin.

Ia mengatakan, usai Lebaran ini, angkutan truk batu bara itu lewat pada siang dan malam hari, padahal jalur angkutan batu bara sudah ditentukan melewati Kembangseri-Air Sebakul.



Namun tetap saja sopir truk membandel, dan karena tidak ada larangan dari pihak berwajib, melewati jalan di danau itu sehingga berpotensi mengalami putus akibat beban berat.

Dikhawatirkan, pada musim penghujan di penghujung tahun 2012 ini, retakan jalan itu terisi air dan berpotensi akan longsor.

Apabila jalan wisata pada tanggul danau itu jebol, menurut warga setempat, akan berdampak besar pada kehidupan ribuan petani sawah di bagian hilirnya.

Selama ini, air danau itu menjadi satu-satunya sumber air irigasi teknis ribuan hektare areal persawahan petani beberapa kelurahan daerah itu.

Penahan air danau itu adalah tanggul sekaligus menjadi jalan wisata, namun sejak beberapa tahun silam menjadi jalan perlintasan truk angkutan batu bara.

"Kami mengharapkan pihak berwenang untuk menindak sopir batu bara yang melintasi jalan tersebut, bila tidak dilakukan, masyarakat yang akan menertibkannya," ujar warga itu pula.

Seorang pedagang makanan dan minuman di kawasan Danau Dendam itu, Ny Maznah mengatakan, sejak jalan itu dilintasi truk batu bara terjadi retakan pada bagian pondasinya yang kebetulan berada di bawah warungnya.

Setiap truk lewat, tanah itu runtuh perlahan dan dikhawatirkan bila tiba musim penghujan, retakan itu menjadi besar dan tergerus air, ujar dia pula.

Seorang pengunjung pada objek wisata Danau Dendam, Romi mengatakan, setiap kali truk batu bara lewat terasa getaran cukup kuat seakan terjadi gempa.

Selain itu, kondisi jalan aspal di lokasi itu rusak dan mengganggu lalu lintas terutama bagi pengguna sepeda motor. (Z005/B014)

7 komentar:

  1. Anonim11:40 PM

    Hey there! This is kind of off topic but I need
    some guidance from an established blog. Is it hard to set up your own blog?

    I'm not very techincal but I can figure things out pretty quick. I'm thinking
    about setting up my own but I'm not sure where to begin. Do you have any tips or suggestions? Appreciate it

    my webpage; buy a car with bad credit
    Also visit my web site ; buying a car with bad credit,buy a car with bad credit,how to buy a car with bad credit,buying a car,buy a car,how to buy a car

    BalasHapus
  2. Anonim11:40 PM

    Hey there! This is kind of off topic but I need some guidance
    from an established blog. Is it hard to set up your own blog?
    I'm not very techincal but I can figure things out pretty quick. I'm thinking about setting up my own but I'm not sure where to begin. Do you have any tips or suggestions? Appreciate it

    my blog post; buy a car with bad credit
    Also see my site - buying a car with bad credit,buy a car with bad credit,how to buy a car with bad credit,buying a car,buy a car,how to buy a car

    BalasHapus
  3. Anonim10:55 AM

    Hello to every one, the contents present at this website are
    genuinely awesome for people knowledge, well, keep up the nice work fellows.


    my blog post buy a car
    My homepage :: buying a car with bad credit,buy a car with bad credit,how to buy a car with bad credit,buying a car,buy a car,how to buy a car

    BalasHapus
  4. Anonim5:09 PM

    At this time it appears like BlogEngine is the best blogging platform available right
    now. (from what I've read) Is that what you are using on your blog?

    Feel free to visit my web blog: how to buy a car with bad credit

    BalasHapus
  5. Anonim10:14 PM

    Hey very nice blog!

    Feel free to visit my page buying a car with bad credit

    BalasHapus
  6. Tetap semangat dan terus berjuang..

    Bukan Kippy Printshop Studio
    Tempat paling asik buat ngebahas semua tentang permasalahan di digital printing, cetak offset, desain grafis, photoshop, corel, Film maker, dan lain sebagainya.

    BalasHapus

Yayasan Lembak

Yayasan Lembak adalah sebuah lembaga swadaya masyarakat yang dibangun atas dasar keinginan memperjuangkan Hak-hak adat masyarakat Lembak, karena ranah perjuangan yang bersentuhan dengan kasus-kasus lingkungan hidup dan sumberdaya alam yang pada akhirnya persoalan kebijakan maka akhirnya Yayasan Lembak juga konsen pada persoalan semua nasib kaum tertindas dan dimarginalkan. Persoalan yang muncul yang dialami masyarakat ini juga disebabkan kasus-kasus Korupsi anggaran APBD dan APBN, akhirnya Yayasan Lembak juga berada pada garda depan melakukan perlawan terhadap kasus-kasus Korupsi, sebuah Gerakan yang pernah digagas oleh pendiri sekalgus ketua Yayasan Lembak, yaitu dengan Gagasan Gerakan 1.000.000 Facebookers dukung Bitchan, yang menjadi trent topik dimedia massa dan dunia maya. Ayo dukung terus berlanjut aktivitas perjalanan Yayasan Lembak Bengkulu. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua, Terimakasih.

Saran - Pendapat - Pesan

Nama

Email *

Pesan *