Berita Terkini:

BUNGA RAFFLESIA

Rabu, 22 Juni 2005

Image hosted by Photobucket.com
Photo by usman yasin

BUNGA RAFFLESIA

Rafflesia Arnoldii adalah salah satu jenis flora unik Indonesia yang dinobatkan sebagai "puspa langka nasional Indonesia". Ia mempunyai nama daerah yang beragam sesuai dengan bahasa penduduk kawasan tumbuhnya, seperti sekedai, ambun, bunga benalu, bunga hantu, ambai-ambai dan lain-lain. Ada beberapa macam bunga Rafflesia seperti Rafflesia Acehencis, Rafflesia Rochussenii, Rafflesia zollingeriana dan lain-lain yang tumbuhnya tersebar di beberapa daerah di kawasan Malenesia yang meliputi Malaysia, Indonesia dan Filipina. Tetapi jenis-jenis ini umumnya berukuran lebih kecil dengan penampilan saling berbeda. Rafflesia Arnoldii berukuran raksasa dan diketahui hanya terdapat di Sumatera dan penyebarannya berada di sepanjang punggung Bukit Barisan dari Aceh sampai Lampung dengan pusat ekologi di Bengkulu

Pertumbuhan Rafflesia Rrnoldii dimulai dengan perkecambahan yang terdapat di dalam kulit tumbuhan inang kemudian berkembang menjadi benang-benang

Proses terbentuknya bunga diawali oleh pembengkakan di dalam akar atau batang tumbuhan inang serta terbentuknya kuncup. Kuncup ini terus membesar sampai secara perlahan merobek permukaan. Kulit inang pecah sehingga terlihat bagian kuncup yang diliputi oleh braktea berwarna putih yang kemudian berubah menjadi coklat kehitaman. Pada diameter sekitar 25 cm, braktea tergeser dan terlepas satu persatu sehingga terlihat bagian bunga berwarna merah muda, bagian ini merupakan bagian yang kelak menjadi perigonium ( perhiasan bunga ). Braktea dapat dibedakan dari perigonium yaitu dari warnanya yang lebih gelap, lebih keras dan lebih tipis. Bunga mulai mekar dengan membukanya lobur perigonium satu persatu atau kira-kira pada saat kuncup berdiameter 30-35 cm. Lamanya perkembangan dari kuncup yang berdiameter 4 cm sampai bunga mekar ( diameter kuncup sekitar 34 cm ) diperkirakan 310 hari. Sedangkan waktu yang diperlukan dari fase biji sampai terbentuknya biji lagi diperkirakan selama 4,5 – 5 tahun.

Masa mekar sampai layu bunga Rafflesia Arnoldii biasanya 5-7 hari, kemudian membusuk dan biasanya akan dikerumuni lalat dan serangga lain. Rafflesia Arnoldii berbunga sepanjang tahun dan saat berbunga paling banyak adalah pada bulan-bulan basah.

Saat mekar, bunga Rafflesia Arnoldi mengeluarkan bau agak busuk. Sehingga ada yang menyamakan namanya dengan bunga bangkai ( Amorphophallus titanum ). Selain itu Rafflesia Arnoldii juga dikenal dengan sebutan “Padma Raksasa” karena ukurannya yang besar.

Bau busuk dari Rafflesia Arnoldii akan menarik berbagai jenis serangga terutama lalat. Lalat ini akan hinggap dari satu bunga ke bunga yang lain. Rafflesia Arnoldii merupakan tumbuhan berumah dua, sehingga dalam penyerbukannya memerlukan perantara yang berupa hewan. Lalat merupakan hewan utama yang membantu dalam penyerbukan. Lalat penyerbuk pada tumbuhan ini adalah Lucilia sp (lalat hijau) dan Sarchopaga ( lalat abu-abu ). Jika bunga betina dapat diserbuki maka akan dihasilkan buah yang berisi lebih dari 100 biji. Bunga jantan dan bunga betina akan sulit dibedakan apabila kita lihat dari luar karena kedua-duanya berwarna merah kecoklat-coklatan dengan bintik-bintik putih.

Biji Rafflesia Arnoldii yang terdapat pada jaringan buah yang terurai hanya dapat tumbuh pada tumbuhan inangnya bila terdapat hewan penyebar biji yang berfungsi sebagai pembawa biji dan melukai akar tumbuhan inang. Hewan yang berperanan dalam penyebaran biji ini diduga berasal dari mamalia berkuku ( ungulata ) seperti babi hutan, rusa, kijang dan jenis tupai.
Share this Article on :

9 Komentar:

anak rantau mengatakan...

mohon ijin untuk mencopy artikel anda, untuk memperkaya situs http://refflesia-flowers.blogspot.com
karena sangat prihatin dunia sama sekali tidak mengenal Bengkulu sebagai Habitat terpopuler untuk bunga ini, tapi justru Sabah, Kalimantan lah yang paling populer.
Mudah mudahan tidak keberatan mencantumkan link blog raflesia di atas di blog anda agar masyarakat Bengkulu bisa mengenal Rafflesia lebih jauh, tidak hanya spcies R. Arnoldii tapi masih banyak species Raflesia yang lebih spektakuler di muka bumi ini.Seperti Rafflesia Pricei dan Kerii yang sangat indah yang memacu pariwisata Malaysia, philipina dan Thailand. Kenapa Bengkulu tak bisa seperti mereka?

regard

Rafflesia mengatakan...

ini alamat blognya yang benar http://rafflesia-flowers.blogspot.com mudah mudahan bermanfaat

emirgarden mengatakan...

Artikel yang sangat menarik. Mohon sharing artikel ini ke blog kami www.emirgarden.com terima kasih

rYan_a.k.a_malaikat_tak_bersayap mengatakan...

Semalam iseng melihat Iklan kontroverisial malaysia secara penuh, ternyata selain tari pendet ada budaya Indonesia yang lain yang dijuga diklaim yakni Bunga Rafflesia Arnoldi yakni bunga khas kebanggaan Provinsi Bengkulu, dan wayang orang khas jawa. ...Apa karena itu bukan budaya bali jadi kita ngak terlalu perhatikan ya?? Padahal itu juga salah satu kekayaan bangsa!!!

mayasari mengatakan...

saya mohon izin untuk mengkopi tulisan rafflesia arnoldi ini..
untuk di upload ke blog saya mayasar1.wordpress.com

Terima Kasih...

░™Putra“Bengkulu™░ mengatakan...

maaf ya saya menggcopy

key mengatakan...

good

steffy mengatakan...

i like rafflesia flower

Anonim mengatakan...

Ηello, juѕt wantеԁ to say, I liκeԁ this агticlе.
It was helρful. Kеeρ οn poѕting!


Here is my blog: Haarausfall stoppen

Poskan Komentar

 

© Copyright Yayasan Lembak Bengkulu 2010 -2011 | Design by: Usman Yasin.